Arab Saudi Luncurkan Visa Elektroknik, Beri Kemudahan Haji dan Umroh

Nasional99 Dilihat
banner 468x60

Jakarta – Pemerintah Arab Saudi meluncurkan visa elektronik yang sudah dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia. Peluncuran e-visa itu berlangsung di Kedutaan Besar Arab Saudi, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.


“Launching program visa elektronik yang dikeluarkan oleh kerajaan Arab Saudi dalam rangka memberikan kemudahan bagi mereka yang akan mengurus visa,” kata Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Bin Abdullah H Amodi, Kamis (25/5/2023) seperti yang dilansir dari DetikNews.

banner 336x280

Faisal mengatakan program ini bukan berarti menghilangkan langkah-langkah pengajuan visa sebelumnya. Program ini berupa mengganti visa yang sebelumnya berbentuk stiker diubah menjadi bentuk QR.

Selain itu, program e-visa ini dapat memberikan fasilitas dan kemudahan bagi mereka yang ingin membuat visa.

“Dalam sehari bisa mengeluarkan sekitar 25 ribu visa haji. Seandainya menggunakan sistem lama, tidak mungkin kita bisa mengeluarkan sebanyak itu,” imbuhnya.

Konsuler Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Syafaat Gofur, menyambut baik upaya-upaya yang dilakukan oleh Kedutaan Arab Saudi untuk mempermudah prosesnya visa bagi penduduk Indonesia yang ingin melakukan haji/umrah.

“Saya rasa semua secara global memang sudah menuju budaya visa elektronik ya, Indonesia sendiri sudah memberlakukan visa seperti itu,” ujar Gafur.

“Jadi memang ini mempermudah dan juga untuk pengamanannya kan nanti ada barcode dan sebagainya yang sesuai pengecekannya,” tambahnya.

(RED/DN)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *