OJK dan Pemda Kerjasama Berantas Rentenir

Ekonomi, Nasional93 Dilihat
banner 468x60

Jakarta – Rentenir menjadi masalah dalam pengembangan usaha di Tanah Air. Sebab, rentenir memberikan bunga tinggi sehingga mencekik para pelaku usaha.
Masalah ini pun menjadi perhatian Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk mengatasi persoalan tersebut, OJK berupaya memperluas akses keuangan seluas-luasnya untuk menutup akses rentenir.

“Nah intinya kita ingin membuka akses terhadap keuangan sebanyak-banyaknya. Jangan sampai kita melihat masyarakat kita yang butuh akses keuangan misalnya kemudian malah kena nanti kepada rentenir,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi di Tanah Datar, Sumatera Barat, Kamis (22/6/2023) seperti yang dilansir Detik Finance.

banner 336x280

OJK sendiri baru saja meluncurkan program Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) sebagai upaya membuka akses keuangan kepada masyarakat. Lewat program ini, OJK mendorong pengembangan usaha pelaku daerah dan memberikan pendampingan.

Program ini diawali dengan pra-inkubasi di mana OJK akan melihat potensi daerah yang akan dikembangkan. Kemudian, di masa inkubasi sektor jasa keuangan kemudian memberikan pendampingan.

“Kemudian inkubasinya tadi ada teman-teman dari BRI, SMF, teman-teman dari Pegadaian, Bank Nagari, PNM, itu nanti akan melakukan pendampingan,” katanya.

Sementara, Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengatakan, pihaknya memiliki program Maksimalkan Pemberantasan Rentenir Agar Hilang (Makan Rendang) untuk menghilangkan rentenir. Melalui program ini, pelaku usaha UMKM mendapat fasilitas pinjaman di mana bunganya dibayar oleh pemerintah daerah.

“Bunganya dibayarkan APBD sehingga UMKM tidak membayar bunga, yang dibayar hanya pokok selama 2 tahun,” katanya.

Menurut Eka, kehadiran program EKI dari OJK akan turut menjauhkan masyarakat dari rentenir.

“Dengan adanya EKI tentu akan bertambah banyak lagi sehingga masyarakat kami terbebas dari jeratan rentenir,” katanya.

(RED/DF)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *