Perlukah Daging Dicuci Sebelum Masuk Freezer?, Berikut Tips Simpan Daging Kurban Yang Aman

Kesehatan113 Dilihat
banner 468x60

AntaraSatu – Menjelang hari pembagian daging, sebaiknya ketahui cara menyimpan daging merah yang benar sehingga kualitas dan gizinya tidak mudah berkurang. Dilansir dari berbagi sumber, ada penjelasan seputar apakah daging perlu dicuci sebelum disimpan berikut ini.

Apakah daging perlu dicuci sebelum disimpan? Dilansir dari laman Kompas.com, Chef HARRIS Hotel Sentul City – Bogor, Yogie Putranto menyarankan untuk langsung memasukkan daging segar ke freezer. Jangan cuci daging terlebih dahulu dengan air.

banner 336x280

“Kalau dicuci dulu nanti terkontaminasi bakteri yang ada di air. Pakai alumunium foil supaya vitamin di dalam daging tidak hancur. Kecuali kemasan dari supplier itu bisa langsung masuk,” kata Yogie.

Sebelum dimasukkan ke dalam freezer, ada baiknya untuk membungkus daging ke dalam wadah kedap udara atau bungkus plastik wrap. Hal tersebut untuk menjaga kualitas daging agar tidak menurun. Ada pun untuk daging yang disimpan dalam freezer, kemudian dibungkus dengan baik dan bersih, maka bisa tahan hingga enam bulan lamanya.

Ditambahkan dari laman Healthline, mencuci daging mentah di bawah air mengalir bisa saja memercikkan air yang membuat bakteri mudah berpindah. Tentu saja, hal tersebut menyebarkan kuman pada bahan makanan lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mencuci daging dengan air mengalir.

Dalam laman tersebut juga dijelaskan, sebenarnya hal yang lumrah untuk mencuci daging segar yang baru saja dibeli di pasar tradisional. Hal tersebut bisa dilaukan untuk membersihkan daging dari darah atau kontaminasi kotoran lainnya.

Dilain penjelasan, ada penjelasan seputar daging dapat direndam dalam larutan asam seperti cuka putih atau perasan lemon. Bilas dengan air mengalir sebelum dibumbui dengan bumbu kering atau bumbu rendaman, setelah itu dimasak atau dibekukan dengan segera.

(RED/KN)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *