Erick Tohir Pasang Target, Perusahaan BUMN Masuk Fortune 500

Bisnis115 Dilihat
banner 468x60

Hong Kong – Menteri BUMN Erick Thohir ingin agar makin banyak perusahaan di Indonesia yang bisa masuk ke jajaran Fortune 500. Targetnya, 15-20 perusahaan BUMN harus bisa masuk ke daftar tersebut.
Fortune 500 sendiri adalah daftar 500 perusahaan bergengsi di dunia yang diurutkan dari total pendapatannya. Daftar ini memasukkan berbagai perusahaan swasta dan milik negara di seluruh negara di dunia.

Erick membandingkan perusahaan Indonesia dengan China, menurutnya ada sekitar 90 perusahaan asal negeri bambu yang sudah masuk daftar Fortune 500. Dari total perusahaan itu, menurutnya 40 di antaranya adalah perusahaan BUMN.

banner 336x280

Sementara itu, di Indonesia perusahaan BUMN yang masuk ke daftar Fortune 500 tidak sampai 10 perusahaan. Jumlah itu menurutnya masih sangat sedikit apabila perusahaan BUMN mau ditargetkan untuk bersaing secara global.

“Kalau kita lihat kan begini, kalau perusahaan China aja itu ada 90 yang masuk Fortune 500, 40 BUMN-nya. Kita ada 7 yang masuk itu BNI, BRI, Mandiri, Telkom, Pertamina, kurang lah, kalau mau jadi global player harus 15-20. Tinggal bagaimana kita dorong mereka bisa jadi bersaing secara global dan terkonsolidasi,” ungkap Erick dalam kunjungannya ke Indonesia Inc, Hong Kong, dikutip dari Detik Jumat (30/6/2023).

Erick membocorkan beberapa sektor yang bisa moncer untuk masuk ke daftar Fortune 500. Mulai dari sektor pertambangan, energi, hingga pariwisata.

“Kalau bisa mine, pertambangan kan sudah dikonsolidasi. Perusahaan energi seperti PLN. Kemudian, industry tourism, karena InJourney ada airport dan lain-lain punya potensi,” ujar Erick.

Menurutnya secara jumlah BUMN saat ini sudah makin ramping dengan banyaknya konsolidasi usaha dan inisiatif holding. Perampingan ini dinilai Erick bisa meningkatkan kapasitas BUMN. Maka dari itu, dirinya percaya diri BUMN bisa makin bersaing untuk masuk ke daftar Fortune 500.

“Kita dorong lah, kan BUMN sekarang dari 108 jadi 41, nanti 2034 jadi 30 masak 50% nggak bisa,” pungkas Erick.

(RED/DF)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *