Jelang Piala Dunia U-17, Menteri PUPR Siap Sulap JIS Sesuai Standart International

Olahraga127 Dilihat
banner 468x60

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berencana mengecek Stadion Jakarta International Stadium (JIS). Hal ini dilakukan usai masalah akses hingga lahan parkir JIS jelang pemilihan stadion untuk ajang Piala Dunia U-17.
Basuki mengatakan akan melakukan pengecekan setelah dirinya melakukan koordinasi dengan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir. Apalagi, menurut informasinya, FIFA juga akan datang mengecek JIS.

“Bapak Ketum PSSI mengatakan bahwa FIFA akan datang lagi untuk melakukan pengecekan, saya belum tahu kapan FIFA akan melakukan pengecekan. Saya akan menghubungi dan berkoordinasi dengan Ketum PSSI terlebih dahulu, mudah-mudahan sekarang saya bisa ikut untuk melakukan pengecekan,” ujar dia di Kementerian PUPR, dilansir dari Antara, Kamis (29/6/2023).

banner 336x280

Basuki mengatakan, pihaknya siap jika memang JIS perlu direnovasi. Terutama terkait akses dan lahan parkir yang saat ini menjadi sorotan dan menjadi hal yang krusial.

Pengalaman konser musik Dewa di JIS sebelumnya menunjukkan bahwa penonton konser mengalami kesulitan saat pulang dari JIS.

“Saya akan berkoordinasi dengan beliau (Ketua Umum PSSI) secepatnya, kalau memang perlu direnovasi, direnovasi,” ujar Basuki

Meski begitu, stadion yang sebelumnya digunakan Piala Dunia U-20 itu disebut siap digunakan lagi Piala Dunia U-17. Menurutnya, pencahayaan, rumput, dan strukturnya dan semua sudah sesuai dengan standar FIFA. Kalau pun terdapat perbaikan hanya perbaikan-perbaikan kecil.

“Kalau untuk U-20 dulu itu sudah siap. Tapi stadion-stadion itu sudah dipakai,” pungkasnya.

JIS sendiri tengah menjadi sorotan setelah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo bahwa Presiden Joko Widodo ingin Jakarta International Stadium (JIS) direnovasi sesuai standar. Namun, dikesempatan berbeda dia meluruskan kembali bahwa hal itu berkaitan dengan pembenahan akses dan lokasi parkir di JIS.

“Ini sebenarnya bukan renovasi ya. Jadi, kan ada catatan terkait JIS seperti akses timur dan juga ini kita akan mencari kepastian lokasi untuk opsi parkir,” kata Dito kepada wartawan saat ditemui di DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (29/6/2023).

Dito juga mengatakan JIS memang banyak yang harus diperbaiki mulai dari akses keluar dan masuk hingga ketersediaan area parkir.

(RED/DF)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *