TIPS Sehat Olah Daging Kurban

Kesehatan110 Dilihat
banner 468x60

Jakarta – Saat Hari Raya Idul Adha biasanya masyarakat mengonsumsi daging kurban. Gizi dan keseimbangan nutrisi saat mengolah daging hewan kurban juga perlu diperhatikan.
Pertamedika IHC sebagai Holding Rumah Sakit (RS) BUMN mengedukasi masyarakat akan pentingnya mengonsumsi daging hewan kurban dengan bijak dan sehat.

“Kami percaya bahwa merayakan tradisi keagamaan seharusnya tidak hanya berfokus pada aspek spiritual saja, tetapi juga mencakup perhatian terhadap kesehatan fisik kita. Oleh karena itu, meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan saat merayakan Idul Adha melalui edukasi yang komprehensif adalah bagian dari komitmen kami untuk mendorong masyarakat mengadopsi gaya hidup sehat dan menghargai pentingnya nutrisi yang seimbang,” kata Direktur Utama Pertamedika IHC drg. Mira Dyah Wahyuni, MARS dalam keterangan tertulis,dikutip dari Detik Finance Kamis (29/6/2023).

banner 336x280

Sementara itu, Dokter Spesialis Gizi dari IHC RS Pertamina Balikpapan dr. Silvia Pagitta Tarigan, M.Gizi, Sp.GK membagikan tips sehat dalam mengonsumsi daging hewan kurban di Hari Raya Idul Adha. Menurutnya, dalam rangka menjaga kualitas hidup yang baik, penting bagi kita untuk mengenali dan mempraktikkan langkah-langkah sehat dalam mengolah dan mengonsumsi daging hewan kurban.

“Dalam momen yang berharga ini, di mana daging hewan kurban menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi dan perayaan. Kita seringkali tergoda untuk berlebihan dalam mengonsumsi daging hewan kurban, tanpa memperhatikan konsekuensi yang mungkin timbul terhadap kesehatan kita. Oleh karena itu penting bagi kita untuk memahami pentingnya menjaga kesehatan dan kesejahteraan saat menikmati hidangan ini,” ungkapnya.

Daging hewan kurban, terutama sapi dan kambing kaya akan nutrisi penting seperti protein, zat besi, vitamin B, dan Omega 3 yang dapat memberikan kekuatan, energi, dan keseimbangan pada tubuh kita. Namun, agar nutrisi tersebut tetap terjaga, ada langkah-langkah yang harus diperhatikan.

Sebelum memasak, ada baiknya membersihkan daging dengan hati-hati. Buang bagian lemak yang berlebihan, karena lemak jenuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Potong daging menjadi bagian yang sesuai dengan porsi makan agar lebih mudah diolah. Kemudian gunakan teknik memasak yang sehat, seperti memanggang, merebus, atau mengukus. Hindari menggoreng dengan minyak yang berlebihan, karena hal ini dapat meningkatkan kandungan lemak dan kalori pada hidangan.

“Dalam proses memanggang contohnya, lemak dalam daging akan berkurang, namun tetap menghasilkan rasa yang lezat dan bergizi,” tambahnya.

“Tetapkan menu seimbang dengan memadukan daging kurban yang lezat dengan sayur-sayuran segar. Sayuran seperti brokoli, wortel, dan bayam akan memberikan vitamin, dan mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, variasikan juga dengan tambahan buah-buahan segar sebagai penutup hidangan,” tambahnya.

Terakhir, hindari penggunaan bumbu berlebihan, seperti yang tinggi garam dan bahan pengawet. “Saya menyarankan untuk menggunakan rempah alami seperti lada hitam, ketumbar, jahe, atau kunyit yang memberikan rasa lezat dengan penuh aroma tanpa harus mengorbankan kesehatan,” jelas dia.

(RED/DF)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *