Kelompok Tani Binaan TPL Kawasan Taput Pelatihan Pemindahan Bibit Kopi Dari Area Semai ke Polibag

Berita, Peristiwa, SUMUT142 Dilihat
banner 468x60

TAPUT – Tingkatkan kontribusi dalam mendorong optimalisasi sektor pertanian, PT Toba Pulp Lestari Sektor Habinsaran lakukan kegiatan  pelatihan pemindahan bibit kopi dari area semai ke polibag dan pemberian pupuk kepada kelompok tani onan harbangan nagasaribu Desa Pohan Julu, Dusun Nagasaribu Kecamatan Siborong-borong Kabupaten Tapanuli Utara, pada Jum’at (5/5/2023).

Alexander Sitorus dan Thasya Sirait, Community Development (CD) Officer menjelaskan, pemberian pupuk dan pemindahan bibit kopi kepolibag ini bagian dari program pemberdayaan masyarakat pertanian secara terpadu dan berkelanjutan, bekerjasama dengan Toba Pulp Lestari. Program ini merupakan bentuk dukungan PT Toba Pulp Lestari terhadap pertanian yang merupakan leading sector pembangunan berkelanjutan, terangnya.

banner 336x280

“Tahap awal program ini telah dilakukan pendampingan bagi petani binaan PT Toba Pulp Lestari dari kelompok tani Dosroha Onan Harbangan Nagasaribu, mulai dari tata cara pengolahan lahan hingga pemupukan dan penanaman bibit dengan baik,” ujar Tasya Sirait.

Ketua Kelompok Tani Dosroha Onan Harbangan Nagasaribu binaan PT Toba Pulp Lestari, Dapot Simanjuntak menyampaikan terima kasih atas dukungan PT Toba Pulp Lestari yang telah membina kelompok tani Dosroha untuk membangun pertanian di dusun III Nagasaribu, sebagai kesinambungan pembinaan perusahaan bagi anggota kelompok tani. Sejauh ini kelompok tani Dosroha binaan PT Toba Pulp Lestari telah mulai menggarap lahan untuk penanaman bibit kopi sesuai pelatihan yang sebelumnya dibekali.

“Kami ucapkan terima kasih atas bimbingan yang diberikan, sehingga konsep pertanian presisi bisa mulai kami terapkan dengan baik. Kami harap dengan kesinambungan pembinaan PT Toba Pulp Lestari, para petani semakin berdaya dengan hasil optimal,” ujar Dapot Pasaribu.

Para anggota kelompok tani dosroha binaan PT Toba Lestari menyebutkan dukungan ini sangat diharapkan pihaknya untuk pemberdayaan petani, sekaligus pengembangan sektor pertanian di dusun III Nagasaribu. Hal ini merupakan salah satu sasaran pembinaan PT Toba Pulp Lestari bagi masyarakat dusun III Nagasaribu Desa Pohan Jae.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan PT Toba Pulp Lestari yang menggandeng Kelompok Tani Dosroha sebagai mitra pemberdayaan sektor pertanian masyarakat. Semoga dengan langkah baik ini, lahan yang tersedia mampu digarap dan makin optimal kedepannya,” ujar para ibu – ibu yang juga anggota kelompok tani Dosroha. (RED/REL)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *