Jokowi Ingatkan Kemenhan,Polri,BIN Hingga Kejaksaan Soal Pembelanjaan Barang

Nasional, Politik162 Dilihat
banner 468x60

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti sejumlah kementerian dan lembaga terkait dengan pembelanjaan barang. Hal itu ia sampaikan pada pemaparan Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/7) pagi.
“Yang paling penting ini perlu saya tekankan, hati-hati untuk pembelian barang-barang. Ini untuk Kementerian Pertahanan, Polri, BIN, Kejaksaan, karena angkanya saya lihat cukup besar Rp29,7 (triliun),” kata Jokowi.

Jokowi lantas membandingkan pembiayaan untuk jalan, irigasi, dan bendungan yang berada di angka Rp23,5 triliun. Ia meminta hal ini menjadi perhatian lantaran menginginkan agar APBN Indonesia tetap sehat.

banner 336x280

“Ini hati-hati jangan sampai kita beli barang banyak-banyak yang akhirnya, kalau manfaatnya maksimal ndak apa-apa, kalau tidak maksimal kemudian biaya pemeliharaan bisa naik sampai Rp21,5 triliun ini yang harus coba dilihat detail,” kata dia.

Jokowi selanjutnya berharap agar pertumbuhan ekonomi terus menunjukkan tren positif pada semester kedua. Beberapa upaya yang perlu dilakukan menurutnya di antaranya mendongkrak konsumsi rumah tangga, stabilisasi harga kebutuhan pokok, hingga memastikan ketersediaan stok pangan.

Ia juga meminta agar realisasi belanja APBN dan APBD 2023 dimaksimalkan. Pun prioritas belanja barang dan modal pada produk dalam negeri, serta program bansos yang disalurkan tepat waktu dan tepat sasaran.

“Hilirisasi industri infrastruktur energi terbarukan hingga ekonomi hijau jangan kehilangan fokus di bidang ini. Lihat dan kaji program yang dalam APBN belum berjalan apa penyebab dan bagaimana kelanjutannya,” ujar Jokowi.

Adapun para menteri Jokowi terpantau hadir sejak pukul 08.30 WIB. Di antaranya Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Mahfud MD.

Menpora Dito Ariotedjo, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Investasi, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan EkonomI Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Hadir pula Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Hukum dan Ham Yasonna Laoly. Hingga kepala lembaga Kepala KPK Firli Bahuri dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

(RED/CNI)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *