Claim Sengketa Tabungan Hari Tua Karyawan Tirtanadi di AJB Bumi Putra Tanggung Jawab Direksi

Berita, Kriminal, SUMUT52 Dilihat
banner 468x60

MEDAN – Sejumlah pensiunan karyawan Perumda Tirtanadi Sumatera Utara mempertanyakan kinerja para Direksi perusahaan, dalam menyikapi pembayaran tabungan hari tua karyawan yang tidak juga dibayarkan oleh pihak asuransi AJB Bumi Putra.

Menurut mereka premi pembayaran ke pihak asuransi setiap bulannya dilakukan secara otomatis, melalui pemotongan gaji bulanan karyawan sejak tahun 2012 yang lalu.

banner 336x280

“Kami minta Gubernur Sumatera Utara selaku pemilik saham di Perumda Tirtanadi melakukan audit terhadap kinerja para Direksi ini, terutama Direktur Utama dan Direktur Keuangan perusahaan”, ungkap salah seorang perwakilan para pensiunan yang tidak mau disebutkan identitasnya, Jum’at (17/11/2023)

Menurutnya meskipun perusahaan akan melakukan upaya gugatan hukum jika mediasi tidak mendapat titik temu dengan AJB Bumi Putera, namun ini adalah bukti tidak bekerjanya para Direksi Perumda Tirtanadi.

Bahkan menurut salah satu pensiunan lainnya bila diperlukan kasus macetnya claim pembayaran ini juga tanggung jawab para Direksi sebelumnya. Karena mengusulkan rencana program tunjangan hari tua di AJB Bumi Putra.

“Kami juga mempertanyakan apa dasar hukum kerjasama program tunjangan hari tua, antara Tirtanadi dan AJB Bumi Putra. Apakah Gubsu ketika itu mengetahuinya? Ataukah ada keutungan yang diperoleh Direksi pada tahun 2012 yang lalu?, ini kami rasa wajib di selidiki oleh pihak Gubsu maupun kepolisian”, harap pria pensiunan ini.

Menurut mereka keputusan dan tanggung jawab ada di pihak Direksi saat ini dan Direksi tahun 2012 dalam menjalankan kegiatan perusahaan.

“Kami ingatkan sekali lagi permasalahan ini adalah tanggung jawab Direksi sebagai pengambil keputusan, jangan karyawan yang dikambing hitamkan.

sejak awal kontrak kami pegawai tidak pernah dimintai pendapat secara tertulis apakah setuju atau tidak ikut program Asuransi AJB Bumiputera”, tegas mereka.

Menanggapi hal ini Dewan Pengawas Independen Perumda Tirtanadi Andry Mahyar Matondang mengatakan telah menerima laporan dan pengaduan dari para pensiunan.

Andry mengatakan pihaknya saat ini sudah memanggil sejumlah pihak untuk dimintai penjelasan atas permasalahan ini.

“Kita sudah menerima keluhan para pensiunan ini dan sedang kita pelajari masalahnya, dan bila perlu kita akan memanggil Direksi sebelumnya, untuk mempertanyakan dasar hukum kerjasama tunjangan hari tua karyawan di AJB Bumi Putera pada tahun 2012 yang lalu”, tegas Andry Mahyar. (RED/REL)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *