Pulau Samosir Masih Memukau Wisatawan Lokal dan Mancanegara

Berita, Budaya61 Dilihat
banner 468x60

TOBA – Sebagai salah satu warisan sejarah dunia, pemandangan alam Danau Toba memang menarik perhatian wisatawan local dan mancanegara. Tidak heran jika banyak perhelatan internasional diselenggarakan di Danau Toba. Salah satunya perhelatan F1 Powerboat. Tak usai sampai di situ kini Danau Toba kembali jadi venue berlangsungnya Aquabike Jetski World Championship 2023.

Jangan langsung pulang, jelajahi keindahan alam Sumatera Utara yang tidak hanya tersuguh dari Danau Toba tetapi juga desa-desa wisata yang ada di sekitarnya, terutama yang berada di pulau Samosir. Lantas, apa saja desa wisata yang patut di kunjungi? Berikut ulasannya!

banner 336x280

Desa wisata di sekitar Danau Toba pertama bisa dikunjungi dimulai dari desa wisata Tuktuk Siadong. Terdapat banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini seperti memancing, berenang, trekking ke Bukit Beta, dan menikmati Air Terjun Simangande yang mengalir deras dari salah satu sisi perbukitan.

Menariknya, desa ini juga dijuluki sebagai kampung turis karena memang sering dikunjungi turis mancanegara. Tuktuk Siadong berlokasi di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Provinsi Sumatera Utara terkenal dengan salah satu kain tradisionalnya yang sarat akan makna, yakni kain ulos.

Jika berkunjung ke desa ini, Anda bisa lho belajar membuat kain ulos karya sendiri. Diketahui Desa Meat termasuk salah satu desa penghasil ulos terbesar di Kabupaten Toba. Pesona alam di sekitarnya pun tak perlu diragukan lagi, sudah pasti indah! Anda bisa menemukan dua perbukitan yang ditumbuhi pohon pinus dan hamparan sawah yang luas.

Terdapat juga penjual kain ulos di wisata Meat, yang bisa dijadikan oleh-oleh usai dari Pulau Samosir ini. Desa Meat berada di pinggiran Danau Toba. Saking indahnya, desa ini dijuluki New Zealand dari Toba karena lokasinya berada di antara perbukitan dan pinggir danau yang masih sangat terjaga kealamiannya. Desa Wisata Meat berlokasibdi Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba.

Kemudian bila anda Ingin mencoba pengalaman memetik kopi secara langsung dari pohonnya, anda dapat mencobanya di Desa Wisata Huta Tinggi. Di desa ini anda dapat memetik buah kopi secara langsung, serta belajar memerah susu kerbau dan langsung mengolah menjadi dali ni horbo (keju khas Batak).

Anda juga bisa melihat pertunjukan tari tor-tor dan musik gondang yang sering diadakan dalam upacara adat di desa ini. Desa Wisata Huta Tinggi berlokasi di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir. Desa Wisata Hariara Pohan Selanjutnya ada desa wisata Hariara Pohan.

Dari desa ini, Anda bisa melihat perkebunan kopi, alpukat, hingga menikmati keindahan Bukit Holbung yang membentang di pinggir Danau Toba, sangat indah bukan? Pastinya. Terdapat juga Huta Simarmata, situs budaya berumur ratusan tahun, rumah adat Batak kuno, hingga sarkofagus makam Raja Simarmata, sehingga menghadirkan wisata bersejarah yang bisa menambah wawasan.

Salah seorang wisatawan lokal Kalimantan sangat terpukau atas indanhnya pesona Danau Toba ini, menurutnya sudah pantaslah Danau Toba menjadi Kaldera yang wajib terjaga karena salah satu warisan dunia.

“Saya baru kali ini wisata ke Danau Toba, luar biasa indahnya panorama di kawasan ini, sejauh mata memandang adalah keindahan alam, hembusan angina pegunungan dan perbukitan memberikan ciri khas Danau Toba”, katanya. (RED/IND)

 

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *