43 Ribu UMKM di Langkat Perlu Pengembangan, Pemkab Gandeng Ratusan Koperasi

Berita, Ekonomi, SUMUT135 Dilihat
banner 468x60

STABAT – Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat adalah melalui penguatan koperasi serta peningkatan kompetensi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Karena koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia harus didorong untuk terus melakukan modernisasi, agar dapat memberikan dampak positif secara maksimal di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

banner 336x280

“Berdasarkan catatan Pemerintah Kabupaten Langkat medio 2022, terdapat 666 lembaga koperasi yang ada, namun yang dinilai sehat dan aktif tidak sampai setengahnya dari angka tersebut,” ujar Sekda Kabupaten Langkat, Amril Nasution, Senin (20/11/2023).

Hal ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah Kabupaten Langkat untuk terus melakukan motivasi serta pembinaan yang kuat agar koperasi dapat terus eksis memberikan pemanfaatan di tengah-tengah masyarakat.

Dijelaskan Amril, saat ini lebih dari 43 ribu pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Langkat baik sektor kuliner maupun sektor lainnya perlu dikembangkan agar mereka dapat naik kelas dari usaha mikro menjadi usaha kecil yang berlanjut pada usaha menengah hingga industrialisasi.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Langkat dengan anggaran terbatas tetap berkomitmen memberikan fasilitas dan pendampingan bagi koperasi dan UMKM di Kabupaten Langkat agar menuju koperasi modern dan UMKM naik kela. Baik melalui program pemahaman perkoperasian maupun pemberdayaan kemitraan usaha mikro serta fasilitas.

“Saya berharap kepada semua untuk berperilaku hidup sederhana dan memiliki kebanggaan dalam penggunaan produk-produk dalam negeri karena dengan hal ini tersebut secara tidak langsung kita telah membantu jutaan masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari pelaku usaha dalam negeri,” sebutnya.

Sekdakab Langkat juga berpesan agar bekerjalah dengan hati disertai tanggung jawab. Jangan jadikan tanggung jawab itu sebagai beban akan tetapi sebagai sebuah kesempatan untuk maju. Sebab ketika seseorang mengeluh karena merasa pekerjaannya itu sebagai beban dia lupa bahwa banyak orang di luar sana lebih terbebani karena mereka butuh pekerjaan.

“Semoga pesan bijak ini mampu memotivasi diri kita semua untuk menjadi aparatur sipil negara yang bersyukur dan aparatur sipil negara yang profesional seiring masuknya hari ulang tahun Korpri yang ke 52 pada tahun ini 29 November 1971 hingga 29 November 2023. Pegang teguh kedisiplinan baik dalam hal berpakaian maupun dalam waktu pelaksanaan tugas-tugas serta capaian kinerja,” kata Amril. (RED/REI)

 

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *